Kamis, 17 Juni 2010

Stomata

Proses penguapan dan pernapasan tumbuhan sangat dipengaruhi oleh stomata. Stomata secara umum memiliki pengertian sebagai bagian daun tempat keluarnya gas dan uap air. Pada kebanyakan tumbuhan, stomata memiliki sel penjaga dan sel tetangga. Sel penjaga adalah sel yang membentuk bukaan dari stomata tersebut. Pergerakan sel penjaga dipengaruhi oleh banyak faktor rangsangan seperti suhu, kelembapan dan gerakan. Terkadang ditemukan klorofil pada sel penjaga, hal tersebut diperlukan karena kebutuhan energi untuk bergerak harus dipenuh dalam waktu yang singkat. Sel tetangga adalah sel yang letaknya bersebelahan dengan sel penjaga.
Terdapat beberapa macam pembagian stomata menurut letak, bentuk sel penjaga dan bentuk sel tetangga yang akan dijleskan berikut :

A. Letaknya terhadap sel epidermis

a. Phanerofor
Letak stomata sejajar dengan sel epidermis. Mayoritas dari tumbuhan memiliki stomata denga tipe ini. Contoh : Adam hawa ( Rhoeo discolor )
b. Kriptofor
Letak stomata di bawah sel epidermis. Tumbuhan yang memiliki stomata tipe ini biasanya hidup di tempat kering. Contoh : Bunga mentega (Nerium oleander)

B. Bentuk sel penjaga

a. Ginjal
Bentuk dari sel penjaga menyerupai ginjal. Mayoritas tumbuhan memiliki tipe ini. Contoh : Daun Adam-Hawa ( Rhoeo discolor)
b. Barbel
Bentuk datar ditengah dan membulat diujung. Pemilik stomata tipe ini adalah dari keluarga Zea.

C. Bentuk Sel Tetangga


a. Anisositik
Terdapat sel penjaga yang bentuknya berlainan. Contohnya pada Cocor bebek ( Kalanchoe sp.).
b. Animositik
Sel tetangga tidak dapat dibedakan dengan sel epidermis disekitarnya. Contohnya pada Paku sarang burung ( Asplenium nidus ).
c. Parasitik
Letak sel tetangga paralel dengan sel penjaga. Contoh pada Eichornia crassipes.
d. Tetrasitik
Terdapat empat sel penjaga yang letaknya paralel dan seri dengan sel penjaga. Contoh Adam hawa(Rhoeo discolor).

Kebanyakan dari stomata terdapat pada bagian bawah daun untuk mengurangi penguapan berlebihan, namun pada tumbuhan air seperti tertai, stomata terdapat dibagian atas daun.

1 komentar:

  1. mungkin untuk revisi, d bagian tetrasitik seharusnya "terdapat empat sel tetangga ......." thnks.

    BalasHapus