Jumat, 06 Agustus 2010

Guillain Barre Syndrome


Guillain Barre Syndrome adalah sindrom yang ditunjukkan dengan gejala-gejala kerusakan pada saraf perifer dan cranial. GBS menyebabkan gangguan kelemahan saraf otot akut yang memburuk secara berkala dan dapat menyebabkan kelumpuhan badan sebagian. Penyebab dari GBS tidak diketahui tetapi kemungkinan yang paling mungkin adalah respon autoimun.GBS dapat menyerang semua ras namun yang paling tinggi terjadi pada kisaran umur 16 – 25 tahun. Ada beberapa fase yang akan dialami penderita GBS antara lain:
1. Fase awal mulai dengan munculnya tanda-tanda kelemahan dan biasanya tampak secara lengkap dalam 2 -3 minggu kerika tidak terlihat penurunan lanjut.
2. Fase kedua berkahir beberapa hari sampai dua minggu.
3. Fase penyembuhan mungkin berkahir 4-6 minggu dan mungkin bisa sampai dua tahun.
Penyembuhan biasanya bersifat spontan namun masih menisakan kecacatan kecil yang permanen.
Untuk mengetahui kepastian apakah seseorang terkena GBS dapat dilakukan dengan cara pengambilan cairan tulang belakang namun cara tersebut dapat mengurangi kekebalan penderita. Tes lainnya adalah elektromiografi, pemeriksaan darah lengkap, rontgen, pemeriksaan fungsi paru.
Beberapa gejala umum GBS pada anak adalah lumpuh sebagian, cara berjlan tidak menetap, perubahan pola BAB dan BAK, kesulitan mengunyah dan mendigesti makanan, kesemutan, nyeri otot seperti terbakar, kehilangan kemampuan berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar